Panduan

Anda dapat melakukan pendaftaran di link : http://www.cyberindo.co.id/daftar  dan isi data Anda dengan lengkap sebagai cafe owner (bukan operator, manajer, atau staff lainnya) dan harus selalu pastikan NO KTP, EMAIL, dan NO HP adalah valid punya Anda sendiri sebagai cafe owner dari cafe yang akan Anda daftarkan.

NO KTP, EMAIL, dan NO HP yang tidak valid atau double atau pernah dipakai sebelumnya, akan menyebabkan data cafe Anda juga tidak valid, sehingga tidak dapat melakukan daftar baru atau melakukan re-instal.

Setelah melakukan pendaftaran, Kami akan melakukan validasi terhadap data cafe Anda. Dan kamu akan membalas email Anda untuk tindakan selanjutnya.

Aplikasi CyberIndo dan ingame benefit GCA adalah Free, alias tidak dipungut bayaran. Anda sebagai cafe owner dapat menggunakannya di cafe Anda dengan maksimal sebagai aplikasi cafe untuk manajemen bisnis Anda dan mendapatkan benefit ingame Garena Indonesia untuk user cafe kesayangan Anda.

Jika data Anda terverifikasi dengan sempurna, maka Kami akan mengirimkan email notifikasi balasan berhasil daftar atas cafe Anda melalui email cyberindo@garena.co.id beserta dengan nomor autentikasi dan panduan penginstalan.

Jika data Anda tidak terverifikasi dengan sempurna dikarenakan data Anda bermasalah atau fraud, Kami akan mengirimkan email balasan notifikasi gagal terdaftar atas cafe Anda melalui email cyberindo@garena.co.id.

Proses verifikasi data cafe baru Anda membutuhkan maksimal 7 hari kerja.

Kami menyarankan lebih baik Anda mendaftarkan warnet baru Anda jauh hari sebelum cafe Anda running dan terbuka untuk umum (user Anda).

Anda dapat menggunakan updater lokal, virtual, dan diskless Cyberindo untuk manajemen PC cafe Anda. Serta billing Cyberindo untuk memudahkan mengatur keuangan, karyawan, dan bisnis cafe Anda. Untuk instalasi dan re-instalasi anda membutuhkan cafe id dan authkey untuk mengaktifkan updater dan atau billing CyberIndo Anda, sekaligus akan langsung mendapatkan ingame benefit GCA dari GPC, Garena Indonesia.

Ya, Anda sebagai cafe owner dapat melakukan penginstalan sendiri dan menggunakan jasa teknisi sendiri jika Anda dan atau teknisi pribadi Anda dapat mengerti teknis mengenai komputer, jaringan dasar, dan penginstalan aplikasi dasar komputer.

Selanjutnya Anda dan atau teknisi personal Anda harus membaca dan menggunakan panduan yang ada di www.cyberindo.co.id untuk instalasi dan re-instalasi Cyberindo dan menangani permasalahan (jika ada) berdasarkan dengan menggunakan :

Penjelasan Umum :

Untuk membuat aplikasi Cyberindo aktif dan dapat digunakan tanpa ada kendala teknis dan membuat sistem tersinkronisasi, maka cafe owner diharuskan mempunyai Cafe ID dan Authkey yang unik, sebagai username dan password untuk aplikasi updater dan atau billing CyberIndo. 1 (satu) cafe dan 1 (satu) pemilik cafe akan memiliki 1 (satu) Cafe ID dan 1 (satu) Authkey.

Cafe ID dan AuthKey adalah bersifat sangat rahasia yang sangat confidential, maka dari itu penggunaannya adalah terbatas dan maksimal kepada pemilik warnet (cafe owner) saja. Pastikan setiap pemilik warnet menjaga Cafe ID dan AuthKey atas data cafe miliknya sendiri, karena segala kendala (updater dan atau billing tidak sinkron dengan server, tidak mendapatkan benefit, status tidak aktif, dll) yang ditimbulkan akibat penggunaan fraud Cafe ID dan AuthKey akan menjadi tanggung jawab penuh pemilik warnet. Cara mendapatkan Cafe ID dan Authkey, Anda harus melakukan instalasi atau re-instalasi updater dan atau billing di website CyberIndo atau jika ada pertanyaan lainnya dapat menghubungi kami via email seperti format email tertera.

Instalasi Baru Cyberindo :

  • Requester baru untuk daftar baru harus melakukan isi form daftar baru di website cyberindo. Data yang diisi harus data owner asli bukan data staff / op / manager cafe / dll. Pastikan No KTP, No HP, Jumlah PC, dan Email adalah valid.
  • Jika satu Pemilik cafe memiliki cafe bercabang dan menggunakan ktp keluarga lain, harus lampirkan attachment di email permintaan terpisah setelah lakukan daftar di website; ke email cyberindo@garena.co.id :
    • Subjek Email : Lampiran Dokumen Kuasa (Nama Cafe)
    • Isi Email :
      • Data Cafe Anda :
        • Nama Cafe :
        • Nama Pemilik :
        • No HP Pemilik :
      • Attachment foto jelas / scan : Surat Kuasa + KTP Pemilik Cabang + KTP yang dikuasakan.
  • Data akan diverifikasi melalui team support kami dengan SLA maksimal 7 hari kerja sampai diterimanya notifikasi berhasil ke email Pemilik terdaftar.

 

Permintaan Re-Aktivasi / Permintaan Rubah Up-Slot / Permintaan Refresh GCA :

  • Requester harus mengirimkan data permintaan ke cyberindo@garena.co.id dengan format sbb :
    • Subjek Email : Permintaan Re-Aktivasi / Permintaan Rubah Up-Slot / Permintaan Refresh GCA *pilih salah satu (Cafe ID)
    • Isi Email :
      • Data cafe yang ingin dilakukan perubahan :
        • Cafe ID* :

          Nama Warnet* :

          Jumlah PC* :

          No KTP* :

          Nama Lengkap Pemilik* :

          No HP* :

          Permintaan* : Re-Aktivasi / Permintaan Rubah Up-Slot / Permintaan Refresh GCA (*requester tulis / isi pilih salah satu, tanda * Bintang harus diisi).

Jika Permintaan Re-Aktivasi, maka tambahkan alasan informasi re-active / re-instal -> Server Eror / Client Eror / Install Ulang Windows / Maintenance Cafe Berkala (*requester pilih salah satu)

Jika Permintaan Rubah Up-Slot, maka tambahkan informasi -> Jumlah PC Baru :

Jika Permintaan Refresh GCA, maka tambahkan informasi -> Jumlah PC Saat Ini :

  • Email yang diterima oleh team support kami dan memproses data Anda membutuhkan maksimal 7 hari kerja. Anda akan menerima balasan email berhasil atau tidaknya dari permintaan yang sudah selesai di proses.

 

*Notice : Data dan proses cafe Anda dalam penggunaan software CyberIndo Indonesia adalah bersifat konfidensial, mohon hanya melakukannya dengan www.cyberindo.co.id dan team support official PT Garena Indonesia.

Q : Bagaimana jika GCA tidak aktif?

A : Hal ini dikarenakan jumlah pc aktif di warnet tidak sesuai dengan yang terdaftar di sistem office CyberIndo.

 

Q : Bagaimana jika server tidak bisa login ke cafe console?

A : Silahkan remove dan install service CyberIndo kembali.

 

Q : Apa yang dilakukan jika billing client tidak terhubung (tidak terkoneksi) dengan server billing?

A : 1. Masuk ke PC client dengan akun admin billing client dengan memasukan username : GARENA / password : GARENA

  1. Buka menu Opsi pada billing client-nya dengan logo Kunci dan Obeng.
  2. Masukan IP Adress komputer Server (Pastikan IP Adress yang di input sesuai dengan IP yg digunakan komputer Server billing).

 

Q : Apa yang dilakukan Jika Game Menu Client tidak terhubung (tidak terkoneksi) dengan Cafe Console?

A : 1. Masuk dari PC Client, Buka menu ClientSetup.Exe yang bisa anda temukan dalam file instalasi CyberindoClient ( Default lokasinya adalah C:\CyberindoClient atau di E:\CyberindoClient ).

  1. Setelah dibuka ClientSetup.Exe maka akan muncul menu Set Computer name and IP manually, pada menu tersebut masukan IP Adress Komputer Servernya Pada Kolom "Server Address or"  (Pastikan IP Adress yang di input sesuai dengan IP adress komputer server cafe consolnya).
  2. Setting dari server dengan membuka Cafe consol, Cek pada menu "Client Tanpa Group" jika PC client yg di setting sudah muncul di menu tersebut maka drag ke menu "client group / default group".

 

Q : Bagaimana jika game PointBlank tidak bisa dimainkan di PC client?

A : 1. Non-aktifkan Restore PC Client di Server. Buka cafeconsule di PC Server : Grup Client > cari list icon pc > klik kanan nonaktifkan restore pada pc client.

  1. Buka Task manajer pada pc server, dan cari ggdlhost dan end task.
  2. Kemudian delete folder Garena Messenger.
  3. Setelah itu coba jalankan kembali game PointBlank.
  4. Jangan lupa aktifkan kembali Restore pada pc client.

 

Q : Bagaimana jika PC Client tidak terdeteksi?

A : 1. Cek koneksi antara Server dan Client, lakukan dengan test Ping. Lalu coba periksa dan pastikan apakah IP setting di client sudah benar dan alamat IP server sudah sesuai.

  1. Silahkan uninstall Cyberindo dari Client yang bermasalah. Cobalah install (ulang) kembali Client Cyberindo di PC Client tersebut.
  2. Jika masih bermasalah, silahkan uninstall Cyberindo dari Client yang bermasalah. Lalu hapus partisi yang mengandung file program Cyberindo (Biasa partisi E:). Format ulang partisi tersebut dan install kembali Client Cyberindo.

 

Q : Bagaimana jika Updater Server status N/A?

A : Pertama, karena updater dan aplikasi sudah tidak aktif lebih dari 7 hari (terdeteksi uninstall / inactive).

Kedua, jika updater masih terdeteksi aktif tapi status tetap N/A, bisa lakukan cara berikut :

  1. Masuk ke folder instalasi Cyberindo ( Default adalah C:\Program files (x86)\Cyberindoserver).
  2. Jalankan file "Remove Service" sebagai administrator, tekan tombol apapun saat anda melihat " Press Any Key to Continue".
  3. Jalankan file "Install Service" sebagai administrator, lalu tunggu 10 detik.
  4. Buka kembali Cafe Console Anda.

 

Q : Bagaimana jika download game tidak bisa selesai, file tersangkut (status paused), atau stuck di Server?

A : Solusi 1

Silahkan hapus unduhan yang stuck dari list unduhan Server. Tutup program cyberindo update (CafeConsole.exe) dan pastikan bahwa program sudah tidak aktif di task manager. Remove dan install kembali service Cyberindo update. Silahkan mendownload ulang game tersebut.

Solusi 2

Silahkan hapus unduhan yang stuck dari list unduhan Server. Pastikan bahwa tidak ada exe auto service dari game tersebut yang sedang berjalan di komputer. Silahkan mendownload ulang game tersebut.

Solusi 3

Silahkan hapus unduhan yang stuck dari list unduhan Server. Copy folder gcafepro baru (fresh folder) kedalam folder game di PC Client yang bermasalah. Lalu silahkan mendownload ulang game tersebut.

Solusi 4

Silahkan download game lain dari list game belum diunduh. Saat game tersebut sedang mulai melakukan download, silahkan lakukan pause download-nya. Drag icon dari kedua game tersebut (yang tersangkut / stuck dan yang baru ditambah), lalu silahkan pilih menu betulkan update.

 

Q : Bagaimana jika Push Game (dorong game) tidak berfungsi dengan baik (tersangkut / berhenti / stuck) (mode lokal)?

A : Solusi 1

Silahkan mengecek di Pusat Pengawas > Klik Index Error, dan lihat apakah game tersebut ada di list Index Error. Apabila game ada di list index error, silahkan klik kanan dan pilih benarkan. Silahkan mencoba mendorong ulang game tersebut.

Solusi 2

Silahkan hapus folder "_gcafepro" di dalam folder game yang bermasalah di PC Client. End task proses Cafeclient.exe . Cobalah dorong ulang game ke Client tersebut

Solusi 3

Silahkan hapus folder game tersebut dari komputer Client. Cobalah dorong ulang game ke Client tersebut.

Solusi 4

Silahkan Klik Start Task Manager lalu End Proces CafeClient.exe. Lalu ke run, ketik services.msc, klik CafeClientSvc, Stop mode auto,  lalu di buat ke mode manual,  start, dan apply. Cobalah dorong ulang game tersebut.

 

Q : Bagaimana jika client Stuck Booting di logo windows? (Diskless)

A : Solusi 1

Coba pastikan bahwa driver LAN sudah ter-instal kedalam image yang digunakan. Bila driver belum ter-instal, gunakan PNP tool untuk menginject driver LAN kedalam image tersebut.

Solusi  2

Pastikan bahwa ukuran image yang ada di Server sama dengan ukuran yang muncul saat proses upload. Bila ukuran tidak sama, silahkan mengupload ulang image tersebut ke Server.

 

Q : Bagaimana jika Client sering restart sendiri? (Diskless)

A : Coba lihat setting disk cache untuk diskless. Tambahkan ukuran disk cache menjadi lebih besar.

 

*Panduan dan FAQ lainnya yang Anda butuhkan akan ada pada menu website Cyberindo.